Dalam perkuliahan
kali ini saya mendapatkan mata kuliah "Grafik Komp. & Pengolahan
Citra" mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis pada
komputer,dan ini adalah tugas pertama saya pada mata kuliah ini adalah membuat
Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat
program OpenGL dengan compiler Dev C++.
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal
aplikasi ini)
- Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)
OpenGL
OpenGL adalah suatu
perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan
pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi
language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa
bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library
dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk
OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)
Anda harus menginstall Dev C++ pada komputer dengan mendownloadnya disini ,lalu
instal Dev C++ seperti halnya menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk
menjalankan / membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya , anda bisa
mendownloadnya disini , dan
untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :
- Masuk kedalam Dev C++
- Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
- Klik Install seperti gambar di bawah :
- ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi
(.rar atau .zip ) terbaca.
- Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita
mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file
baru adalah :
- Klik
menu File > Pilih New > Project .
- Pada
bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai
tugas mata kuliah ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan
Diagonal.
Membuat garis
Vertikal
Untuk
membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu kita selesai membuat
project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi
lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita
lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes
here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup
mengubah-ubah pada bagian ini saja
Untuk
membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah
ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan
warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal
yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada
bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan
menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk
itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9.
jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan
output :
Membuat garis
Horizontal
Untuk membuat garis
horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah
ini :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal
yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk
menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba
jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan
program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis
Diagonal
Untuk membuat garis
diagonal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa
dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis
dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba
jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan
program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Sekian yang bisa saya kerjakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik
Komputer dan Pengolahan Citra, maaf apa bila ada kesalahan dan kekurangan yang
saya miliki.
0 comments:
Posting Komentar